Glosarium Kebahagiaan

 

Banyak kepala yang tak mengandung pikiran di dalamnya. Banyak orang yang sudah hilang martabat hidupnya. Mereka ini setiap saat diseret-seret oleh pemberitaan dan isu-isu rendahan.

Mereka memang tak punya pikiran, kepala mereka tak lebih berharga dari kelapa. Bahkan kelapa jauh lebih bernilai karena kandungan berbagai vitamin dan mineral di dalamnya. Sedangkan mereka, kepala mereka hanya berisi berita sampah tanpa makna, tak memberi dampak apa-apa selain mengobarkan amarah dan memantik kebencian yang kian membara.

Hargailah pikiranmu dengan tidak mengikuti pikiran orang lain. Jadilah diri sendiri dengan tidak menjadi orang lain. Sebab orang lain sudah menjadi orang lain.

Maka daripada menyibukkan diri mengomentari apa saja yang berseliweran di televisi, koran, dan media sosial, lebih baik fokus kerja mencapai cita-cita. Atau minimal belajar membedakan mana berita banal dan mana berita yang substansial. Mana yang kelihatannya kecil tetapi memiliki risiko yang besar bila didiamkan; dan mana yang kelihatannya besar, wah, dan penuh riuh-rendah namun isinya kosong, tidak substantif, tidak berkaitan dengan inti kehidupan: kemanusiaan, hak untuk hidup, keamanaan, dan kesejahteraan.

Mengurus masalah negara itu tidak ada habisnya. Negara makin ke sini makin tak bekerja untuk menyelesaikan masalah rakyatnya, malah justru menimbulkan masalahnya sendiri untuk dipro-kontrai oleh sesama rakyatnya. Diributkan, dipertentangkan, dan diperselisihkan.

Maka seyogianya sebagai rakyat, perlu kepandaian untuk memilih dan memilah mana persoalan yang patut direspons dan mana persoalan yang ditanggapi sewajarnya saja, bahkan kadang ada berita yang didiamkan pun akan hilang dengan sendirinya.

Tapi semua tergantung kita. Kalau memang dengan berkerumun dalam permusuhan dan saling menghardik membuat kita menjadi bahagia, ya apa boleh buat. Monggo.

Cuma heran saja, kualitas kebahagiaannya kok serendah itu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s