Presiden Anjing

(Ini karya tulisan yang dibuat oleh salah satu teman Facebook saya, Jevindra. Saya terbitkan kembali dalam blog ini karena sampai saat ini saya masih suka.)


“Presiden kita sekarang itu anjing!”
teriak penjual nasi kucing
di trotoar
tak satu pun tukang becak dan orang-orang yang mendengar berani bergeming.

“Ya! Hanya koar-koar kerja-kerja-kerja,” sahut suaminya, “tapi gila, membuat semua [barang] naik harga.”
Tukang becak hanya bisa menghela napasnya
Aku yang terdiam seribu bahasa
–tanpa sadar kemudian ikut bersuara–

“Ya! Memang presiden kita sekarang itu anjing!”


***

Malam hari:

Dalam lelap aku bermimpi
Tukang-tukang becak mendatangiku dengan wajah pasi
Tiba-tiba menjelma sekawanan anjing
Memandangku dengan julur lidah dan menyeringai

“Apa yang kaukatakan siang tadi?”
tanya salah satu anjing
“Presiden kita yang sekarang itu anjing!”
jawabku

“Bangsat! Kurang ajar kau!”
“Memangnya kenapa?”
“Jangan samakan kami dengan presiden itu, kami anjing.”

dengan tatapan sinis mereka berlalu meninggalkanku dalam perasaanku yang kelu.

Bandung, 221214

Leave a Reply

