Kedangkalan Klaim “ISIS adalah Islam”

unduhan

sumber gambar: www.theriderchronicle.com

SEORANG loper koran atau penjual buku belum tentu sudah membaca semua buku atau koran yang dijualnya—dan juga bukan berarti pengetahuannya lebih banyak ketimbang yang bukan penjual buku atau koran. Seorang anak pemilik restoran belum tentu gemuk dan sehat hanya karena lantaran ia bisa bebas memakan makanan apa saja di restoran milik orangtuanya tadi. Atau yang paling terang: belum tentu seorang yang berpenampilan agamis adalah benar-benar secara esensial-praktikal ia agamis. Kan belum tentu.

Adalah naïf jika hanya lantaran simbol dan penamaan terhadap identitas kelompoknya—lantas kemudian kita mengatakan bahwa Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) adalah benar Islam. Kendatipun mereka (ISIS) bisa berdalih dengan menggunakan kitab suci Islam yakni Al-Quran sebagai dalilnya. Tapi toh secara historisitas perjuangan membangun negara Islam yang dipraktekkan oleh nabi Muhammad SAW tidak seperti—dan sangat jauh berbeda dengan—apa yang dipraktekkan oleh ISIS.

Bukankah Al-Quran hanyalah Islam dalam rupa kata sedang Muhammad adalah Islam sebagai bentuk tindakan nyata? Bukankah, kita akan kesulitan mengoperasikan barang sesuatu tanpa bukan panduan, dan kita akan kesulitan memahami isi buku panduan tanpa ada pemandunya? Maka penerjemahan kita terhadap buku panduan adalah berdasarkan penerjemahan pemandu terhadap buku panduan tersebut.

Selesai. Apakah Muhammad melakukan pembantaian, pemerkosaan, dan meneror keamanan hidup umat manusia? Jauh! Apa yang dipertontonkan ISIS hari ini jauh dari apa yang dijejakkan oleh Muhamad. Muhamad berperang, tetapi tidak membantai. Bedakan antara peperangan dengan pembantaian. War is not murder!

Islam itu keselamatan, kemaslahatan, keamanan, menjunjung tinggi kebersamaan dan perdamaian. Tetapi bukan berarti Islam itu sebatas definisi-definsi tadi. Islam itu dinamis dan dialektis. Boleh jadi ia lebih luas dari pendefinisian manusia yang serba terbatas dan lemah ini. Dan belum tentu saya yang berbicara Islam adalah Islam. Saya mungkin beragama Islam, tetapi belum tentu Islam itu sendiri.

Lantas, apa indikator yang paling kuat dan meyakinkan kita bahwa ISIS adalah benar Islam?

Maka saya tegaskan lagi, jangan karena penamaan identitas kelompoknya yang mengandung kata Islam. Dan jangan karena simbol yang dikenakan, semisal pakaian yang tertutup yang oleh umum dipersepsikan sebagai Islami—sebab sesungguhnya itu hanyalah bagian dari Islam kebudayaan, bukan kebudayaan Islam. Atau karena “Allahu Akbar” yang sering mereka teriakkan maka mereka Islam. Toh, tidak susah mengucap “Allahu Akbar” atau kalimat-kalimat sejenisnya. Saya pikir, sangat dangkal membenarkan ISIS sebagai bagian dari Islam hanya lantaran faktor-faktor “rendahan” seperti itu. Fallacy!

Di sisi lain, jikalaupun ISIS itu benar Islam maka sudah barang tentu yang menjadi musuh utamanya adalah zionis Israael dan sekutu Amerika. Bahwa kalau memang ISIS itu ingin menumbangkan pohon-pohon “kedzoliman” maka akar utama yang ditebang putus adalah dedengkot zionis. Sebab merekalah penghancur dunia yang paling radikal dan sumber kerusakan global. Merekalah yang harus diperangi—bahkan dibantai sebagaimana yang dipertontonkan oleh ISIS pada umat muslim. Dari situ kita  bisa menemukan bias anomali dari kebenaran ISIS adalah Islam.

Wah, bukan teori baru lagi bahwa cara paling ampuh menghancurkan musuh adalah menghancurkan dari dalam, toh? Cara paling efektif merusak Islam adalah dengan membuat proxy dengan nama Islam dan melakuakan negatifisasi terhadap diri sendiri. Lahirlah symptom-symptom: Islam radikal. Islam teroris. Islam begini. Islam begitu. Islam sakarep e dewe!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s