Aforisme Asu Tentang Anarkisme

anarch

Berbuat baik adalah bagian dari anarkisme–sebab berbuat baik tak butuh UU, PP, kepres, inpres, dan bentuk kemunafikan lainnya dari negara.

Ingat, Tuhan memerintahkam manusia untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, dan mengolah rahmatNya menjadi berkah bagi sesama dan alam semesta. Ia tidak mewajibkan manusia membuat negara–apalagi berburu kuasa.

Jika anarkisme ditolak oleh negara hari ini, itu karena ia mengancam kepentingan kapitalis dan penguasa. Padahal anarkisme lahir untuk membebaskan manusia dari penindasan negara.

Dan perlu diketahui khalayak, anarkisme bukanlah gerakan amuk-amukan, tetapi ia adalah gerakan memerdekakan manusia dari penjara kerakusan dan kerangkeng kekuasaan.

Maka apabila anarkisme dimaknai –stereotype yang bangun media masaa– hari ini sebagai gerakan penghancuran, kekerasan fisik, tawuran, dlsb, bisa dipastikan bahwa merekalah pemfitnah terbesar Kropotkin, Proudhon, Bakunin, dan pendekar-pendekar kemanusiaan lainnya–yang tidak menganjurkan untuk berlaku demikian (vandalistik).

Berbuat baiklah! Beranarkismelah! Tuhan bersamamu …

Wallahu a’lam bisshawab ….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s