Bangun Kesadaran Kolektif!

king_crimson_desktop_wallpaper-wide-700x357

Negara adalah representasi kekuasaan; kekuasaan mengakibatkan penindasan; dan penindasan akan menghasilkan perlawanan. Maka negara harus dilawan. Begitulah saminisme dalam memandang negara.

Tidak melawan negara sama dengan membiarkan angkara melebarkan penindasan. Di titik ini, kesadaran kemanusiaan (patut) dipertanyakan.

Pertanyaannya kemudian adalah: pantaskah kita melawan negara, sedang tiap-tiap kita disibukkan oleh persoalan hidup pribadi yang mendesak? Di sinilah letak ketidak-pastian kita dalam berjuang bersama.

Kita hari ini lebih banyak memikirkan dan memperjuangkan kebutuhan pribadi ketimbang persoalan sosial bersama. Mengutip penggalan dialog seorang ibu dengan anaknya dalam film Jab Tak Hai Jan, sang ibu berkata: “Kau tak akan bisa membahagiakan orang lain jika kau sendiri tidak bahagia.” Inilah common sense yang dipakai oleh khalayak umum dalam memandang hidup—sehingga kehendak bersatu dan berjuang bersama malah jauh panggang dari api.

Kesadaran kolektif adalah modal utama manusia dalam memperjuangkan cita-cita sosial. Maka ia harus—secara kontinyu dipompa ke dalam diri manusia. Kesadaran kolektif—pertama-tama tercapai oleh praktik pemerataan ketidak-adilan secara murni dan konsekuen. Kemudian yang kedua adalah masifikasi dan intensifikasi propaganda pencerahan oleh setiap kaum-kaum intelektual organik (rausyanfikr) yang berbaur di dalam masyarakat.

Kedua prasyarat menuju kesadaran kolektif harus dipenuhi agar cita-cita sosial bisa terwujud. Kalau realitas hari ini belum menunjukan, bahkan tak mengindikasikan prasyarat tersebut terjalankan, maka keadilan, kesejahteraan, dan kemakmuran sebagai tujuan sosial bersama hanyalah sebuah dongeng utopia belaka. Bahkan lebih rendah dari fiksi!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s