Celoteh Di Luar Waras

_sketch__i__m_gonna_crazy_by_shouryheki-d4tco36

Kegilaan itu milik kaum minoritas. Dalam demokrasi, ia terancam ditindas. Kegilaan adalah kewarasan yang tak mau diterima—karena kalah jumlah suara. Maka rumus dalam demokrasi adalah banyak sama dengan menang, menang sama dengan benar. Dan sebaliknya—sedikit sama dengan kalah, kalah sama dengan salah. Di tahap ini, akal sehat bekerja keras untuk memilih mana demokrasi dan mana tirani.

Kegilaan adalah teologi pembebasan. Ia adalah kegelisahan yang di-batin-kan untuk menjawab kebrutalan mayoritas. Jika dengan gila, manusia bisa terbebas maka itu lebih baik daripada digiling-gilas oleh tank mayoritas dengan kedok (atas nama) tuhan-moralitas.

Kegilaan adalah jalan keluar manusia dari subversi tuhan politik dan surplus wahyu yang berceceran di selokan zaman. Meski tak sedikit yang terjumpai di mall-mall, restoran-cafe, dan tempat nongkrong.

Manusia dalam hidupnya dihardik oleh dua pilihan: aman dan nyaman. Secara logis: keduanya tak bisa bersatu, tapi secara politis: keduanya bisa bersatu. Di titik ini, logika mengalami depresi sosial. Isu mayoritas-minoritas kembali dimainkan, minoritas mengalami kegilaan.

Diagnosa para filsuf tentang akar-penyebab kegilaan telah diketahui, ialah masalah mayoritas-minoritas—yang menyebabkan tumbuh suburnya kegilaan dalam kehidupan bernegara; bahwa selama sebuah peradaban masih memakai konsep mayoritas-minoritas maka selama itu pula benih-benih tirani dan diktatorisme akan lahir.

Tenang, di negara yang surplus moral—seperti di Indonesia, orang gila akan dipelihara negara, sebab orang gila di Indonesia akan diperjuangkan nasib kehidupannya. Misalnya di DPR, kegilaan bisa diproyekkan.

Wallahu a’lam bisshawab …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s