Tafsir Atas Sabda Gandhi

34-gandhi-sketch-drawing-artwork-picture-illustration

Ternyata… tak selamanya kebaikan harus dibalas kebaikan, cinta dibalas cinta, perasaan dibalas perasaan, pikiran dibalas pikiran, dsb, dst….

Apa yang diterima tak harus sesuai dengan apa yang diberi. Kau bebas membalas apa yang kau dapatkan dengan apa saja, — sesuai kehendakmu, “sesuka udelmu,” kata mbah di rumah.

Jika kau sering melakukan kebaikan tapi yang kau dapatkan adalah keburukan maka itu bukan soal. Tak perlu dimasalahkan. Itulah kehidupan. Bung Karno pernah mengatakan, “Kita tidak bisa membuat dunia menjadi tidak seperti dunia.”

Memang benar sabda Mahatma Gandhi, “Jika mata diganti mata, maka dunia bisa buta.” Konsistenlah dengan sabda tersebut, sehingga ketika ada orang yang berbuat jahat padamu, kau tak membalasnya dengan kejahatan pula.

Bentuk konsistensi itu berlanjut… hingga ada orang yang berbuat baik padamu, kau tak berbuat baik padanya sebagi balasan, tak perlu. Mata jangan dibalas mata, tangan jangan dibalas tangan, luka jangan dibalas luka, dan kebaikan jangan dibalas kebaikan. Ingat! Konsistenlah dengan kesepahamanmu dengan sabda Gandhi di atas.

Lagipula, jika ada orang yang berbuat baik padamu dan kau pun membalasnya dengan berbuat baik, maka kau sedang menghabiskan stok kebaikan di dunia ini. Itu tandanya kau rakus dan serakah. Biarlah kebaikan orang lain kepadamu dibalas oleh orang lain juga, bukan kamu. Ingat sabda Gandhi!

Itulah yang disebut manusia sebagai bentuk dalam menjaga stabilitas kehidupan. Menolong bukan karena ditolong, berbuat baik bukan karena diperlakukan baik, melakukan kejahatan bukan karena dijahati.

Hehe…


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s