Anakku

Aku buat sajak ini di bulan bualan, di saat politik lidah-lidah mencengkram akal sehat kemanusiaan,
Anakku, wajahmu malam ini membiru,
Entah mengapa aku tak menangis, pun tak tertawa,
Bagiku, kau hadirkan persamaan yang baru yang tak bisa kucari mana bedanya,
Antara tangis dan tawa, senyum dan sedih, suka dan duka dan segala kosa kata antonim melebur dalam ekstase abstrak kehidupan,

Sudah hilang semua semantik,
Sudah hilang semua keindahan berkata,
Bahkan aku pun hampir tak mampu mengukir indah sajak ini,
Aku tidak menuliskan jutaan doa di nadimu,
Tak pula kubisikkan puluh-ratusan ayat-ayat Tuhan di telingamu,
Sebab kutahu, karena kepercayaanNyalah kau Dia titipkan untukku,

Aku akan membesarkanmu bukan untuk menjadi aku,
Aku akan merawatmu bukan untuk memuaskan kehendakku,
Aku akan mendidikmu bukan untuk patuh terhadap segala perintahku,
Sebab kutahu, kau Dia titipkan bukan untuk tunduk pada keterbatasan absolut ragawiah,

Jadilah manusia, manusia yang bermanusia,
Manusia yang senantiasa setiap saat menuju zat keilahiaanNya,
Kau punya Tuhan, bukan milikku,
Aku menghidupkanmu untuk menghidupkanku,
Aku diamanahkan untuk mengamanahkanmu menuju Maha keamanahan,
Itulah kamu, manusia sejati.

Aku akan membantumu menujuMu,
Dengan segala keterbatasan,
Dengan susah-senang yang aku dan ibumu saat ini lalui,
Dengan duka-suka yang terlebur dalam perjuangan,
Dengan semangat pemberontakan yang hingga sajak ini dibuat masih menjadi dinamit yang utuh dan semakin matang dalam jiwaku, entah kapan ia akan meledak,

Anakku, jadilah manusia sebelum kelak kau berdunia,
Selamat datang dalam skenario jagat raya,
Kun fayakun,
Semua yang terjadi kelak itulah yang terbaik untukmu, untuk kita..

Depok, 21 Juni 2014

Leave a Reply

